BKK (Bursa Kerja Khusus) SMKN 1 Ngawi

Selayang Pandang

Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Ngawi berdiri sejak tahun 1997 dengan ijin dari Kepala Kantor Departemen Tenaga Kerja Madiun Nomor B.677/W.12/k.9/1997 tanggal 10 Mei 1997.

Diawali dengan pengiriman lulusan SMK N 1 Ngawi di tahun yang sama ke PT Sanyo Batam, BKK SMK N 1 Ngawi terus berkembang menjadi penyalur tenaga kerja dengan cakupan perusahaan lebih luas. Ini ditandai dengan dimulainya penyaluran tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan elektro di Malaysia melalui PT Fortuna Tama Insani (PJTKI) sejak tahun 1999 dan penyaluran ke wilayah Jabotabek mulai tahun 2000 melalui PT Indokarya Tri Utama Bekasi (outsourching).

Mengingat permintaan tenaga kerja khususnya dari perusahaan-perusahaan di wilayah Jabotabek yang semakin meningkat dan seringkali mendadak, BKK SMK N 1 Ngawi merintis berdirinya “BKK Group” atau perkumpulan BKK-BKK yang ada di kota Ngawi. Awal mula dibentuk yaitu pada tahun 2000, BKK Group hanya beranggotakan 3 BKK: BKK SMK N 1 Ngawi, BKK SMK PGRI 4 Ngawi dan BKK SMK PGRI 6 Ngawi. Namun seiring berkembangnya permintaan tenaga kerja, BKK Group berkembang dengan pesat hingga saat ini anggotanya mencapai 28 BKK. Tidak hanya dari kab. Ngawi, anggota BKK Group juga berasal dari kab. Magetan, Nganjuk dan Ponorogo. BKK Group bekerjasama memenuhi permintaan dari pengguna tenaga kerja dengan mempersiapkan alumni dari sekolah masing-masing untuk kemudian disalurkan sesuai dengan kualifikasi yang sesuai.

BKK Group sendiri merupakan gabungan dari dua rumpun sekolah kejuruan yaitu Tekhnik dan Bisnis Manajemen sehingga perusahaan mitra kerja untuk penempatannya pun semakin banyak baik untuk laki-laki maupun perempuan. Tidak kurang dari 11 lembaga penyalur tenaga kerja bekerja sama dengan BKK Group. Jumlah tersebut belum termasuk 5 perusahaan yang merekrut tenaga kerja secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *